Cetak Flyer Cepat

Jenis System Collector Penyerap Panas

Gambar terkait

System Collector Flat

Bentuknya seperti kotak flat dengan ukuran relatif besar. Di dalam kotak panel tersebut berisi sebuah lempengan kaca bening yang di bawahnya terdapat lempengan penyerap panas.
System kerja dari collector ini, yaitu, sinar matahari akan melewati kaca transparan pada collector dan langsung menuju lempengan konduktor penyerap panas, yang kemudian mengubah energi matahari yang diterima mejadi energi panas. Selanjutnya panas ditransfer ke cairan di dalam pipa tembaga yang melekat pada lempengan konduktor penyerap panas.
Collector Flat mengalami kehilangan panas (heat loss) yang lebih besar dari jenis Collector tabung vacuum. Hal tersebut disebabkan karena kumparan tembaga yang berada di dalam collector. Tembaga merupakan jenis logam yang sangat terpengaruh oleh suhu dan cuaca di sekitarnya.
Jika suhu panas (siang hari) maka tembaga akan menyerap panas tersebut dengan baik, namun jika keadaan suhu menjadi dingin (malam hari) tembaga juga akan menyerap hawa dingin tersebut sehingga menyebakan heat loss yang cukup besar. Oleh karena itu collector jenis ini merupakan type collector yang kurang efisien untuk Solar Water Heater.

System Collector Tabung Vacuum

Penemuan yang paling terkini dan kontemporer di abad 21 adalah Pemanas Air dengan Collector Penyerap Panas System Tabung Vacuum yang sangat sensitif (cepat) menyerap panas dan sangat efisien menyimpan panas. Technology Tabung Vacuum ini sangat terkenal di Benua Eropa dan Amerika. Tabung Vacuum terdiri dari dua tabung kaca yang membentuk lapisan. Tabung lapisan dalam dilapisi dengan lapisan penyerap panas terbaik Nano Absorber Layer yang menyerap energi dari panas surya dengan mendekati sempurna dan menahan pelepasan panas (Heat Loss) hingga kurang dari 4%.

Selengkapnya >>> Pemanas Air Tenaga Surya sebagai solusi dalam menghemat listrik

About the Author

Cetak777

Author & Editor

I'm a blogger, a marketing, a teacher, a husband and a father, an ordinary guy.

Cetak Cepat-Murah-Bagus di Percetakan Lengkap

 

Solar Water Heater © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com